Cara Menginstal Windows 7 dengan CD dan FlashDisk

[agaSifa] - Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak di minati dan digunakan di Indonesia, selain memiliki fitur-fitur yang komplit Windows juga mempunyai menu-menu yang relatif mudah untuk dipahami. Kebanyakan penjual gadget (PC atau laptop) sudah menyertakan sistem operasi Windows yang telah terinstall pada produk mereka di pasaran, sehingga kita tidak perlu pusing lagi memikirkan cara menginstall sistem operasi pada gadget kita. Tetapi, bagaimana jika PC atau laptop yang kita beli belum terpasang sistem operasi? atau mungkin PC atau laptop kita terserang virus yang mengharuskan kita untuk mengistal ulang? Ingin mencoba menginstallnya sendiri? hal pertama yang harus dipersiapkan adalah DVD atau FlashDisk yang sudah terdapat Windows 7.
Langsung saja berikut langkah awalnya,
Restart PC/Laptop sobat atau saat  awal Menyala Tekan Tombol F2 untuk masuk ke menu Setup di menu Bios, atau terkadang harus menekan Tombol Del, dengan tulisan "Del To Setup", dll sesuai menu yang ada.
Dalam  menu Bios akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini mungkin akan berbeda di setiap PC/Laptop, tapi tinggal sesuaikan saja, pada menu Boot, pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot pastikan terpilih dengan memakai CDROOM.
 
Setelah itu tekan Tombol F10 untuk menyimpan dan exit, maka PC/Laptop sobat akan Merestart.
Tapi kalau sobat menginstal dengan media flashdisk bisa dengan cara di bawah ini:
1. Tancapkan usb flasdisk sistem,
2. Setelah menyalakan PC/Laptop tekan F2 berkali-kali agar tidak ketinggalan masuk ke BIOS. (Tombol yang ditekan untuk masuk BIOS pada komputer/laptop lain mungkin berbeda, ada yang menggunakan tombol Del ataupun kombinasi beberapa tombol).
3. Setelah masuk ke menu BIOS, karena disini tujuan utamanya tidak mengatur first boot priority maka gunakan tombol panah ke kanan untuk memilih link Exit lalu tekan Enter 
4. Sebelum sobat benar-benar keluar dari BIOS, ada pilihan untuk boot dari hardisk atau cd/dvd ataukah dari usb flashdisk yang telah ditancapkan tadi. 
5. Gunakan tombol panah atas bawah untuk memilih, setelah memilih tekan Enter lalu tunggu sampai proses boot selesai. (Jika sobat belum mengerti cara menanamkan Windows 7 ke dalam FlashDisk silahkan klik di sini)
Setelah tahapan awal selesai PC/Lapto sobat akan muncul tulisan yang kira-kira seperti ini "Press any key boot ...." lalu sobat tekan tombol enter atau spasi atau apapun yang sobat suka, karena perintahnya kan press any key (tekan tombol apa saja).hehe
Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, isi seperti pada gambar, lalu klik next dan pada tampilan berikutnya klik Install now (jangan lupa lupa centang tulisan "accept the license terms" pada menu persetujuan")..!!
Apabila langkah di atas selesai selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya, yaitu pilihan apakah sobat akan mengupgrade sistem operasi atau melakukan install ulang pada PC/Laptop sobat. Pilih pilihan kedua "Custom (advanced)", pilihan upgrade berfungsi untuk mengupgrate sistem operasi yang sudah terinstal sebelumnya.
Langkah selanjutnya adalah tahap pembagian partisi pada hardisk kita. Klik pada "Drive options (advanced)" untuk memulai melakukan partisi pada hardisk.

Menu "New" digunakan untuk membuat partisi baru, setelah menu "New" ditekan akan muncul menu yang berfungsi untuk menentukan besarnya kapasitas pada partisi yang akan dibuat. Pada menu format dan delete berfungsi sebagaimana namanya, yaitu untuk memformat dan mendelete (hapus) partisi yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan menu "Extend" berfungsi untuk memindahkan data dari partisi yang satu ke partisi yang lain. Setelah sobat selesai membuat partisi klik "Next" (jangan lupa tentukan partisi yang akan digunakan sebagai drive C (system) dengan cara mengklik partisi yang akan dipilih).

 Setelah langkah-langkah tadi selesai maka proses instalansi akan berjalan.

Setelah selesai maka PC/Laptop sobat akan merestart secara otomatis, lalu akan masuk ke dalam menu username. Pada tahap ini isikan username sobat.

Setelah pengisian username akan muncul menu pengisian password dan pengisian Product Key. Isikan password jika dirasa perlu dan masukkan cd key Windows 7 sobat atau klik next jika sobat tidak memiliki cd key.
Setelah memasukan product key (jika ada) tahap selajutnya adalah mengatur update pada windows kita kelak, apakah secara otomatis di update, hanya bagian pentingnya yang di update atau jangan pernah melakukan update otomatis ketika terhubung dengan internet. 
Langkah terakhir adalah menu pengisian time zone (zona waktu), sesuaikan pilihan seperti pada gambar jika sobat berasal dari negara yang ada pada menu pengisian. Setelah itu klik "next".


Tunggu sampai proses selesai, sekarang PC sobat telah terinstall Windows 7. 
Selanjutnya sobat hanya tinggal menginstal driver pendukung seperti driver video, audio, bluetooh, wifi, dll saja.
Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk sobat. Mohom maaf apabila bahasa yang digunakan terasa rancu dan tidak tepat. Silakan tinggalkan komentar sobat jika ada pertanyaan lebih lanjut.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. agaSifa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger